Seperti kebanyakan di negara maju lainnya, sistem pendidikan tinggi dan penelitian publik Prancis sangat terbuka pada siswa internasional. Hal ini tercermin dari bagian publikasi Prancis yang hampir setengahnya adalah ditandatangani oleh setidaknya satu mitra asing.

Untuk menemukan pendidikan S3 yang Anda inginkan, silahkan kunjungi katalog online tentang pendidikan atau ikuti arahan kami untuk membantu proses pendaftaran Anda, silahkan buka halaman pada situs web CampusFrance: "Belajar di Prancis > Prosedur Mendaftar Kuliah : Pendaftaran ke S3/Doctorat"

Penelitian di Prancis : sebuah prioritas

Prancis mengeluarkan lebih dari 2% dari PDB (sekitar 40 juta Euro) untuk aktivitas penelitian publik dan privat. Ada sekitar 70.000 siswa doktorat (dimana 1/3nya adalah siswa asing) dan lebih dari 200.000 peneliti yang dimana hampir setengahnya adalah peneliti dari sekolah atau institusi pada sektor publik.

Harga istimewa hadiah bagi penelitian Prancis

Pada tahun 2008, dua orang Prancis, Françoise Barré-Sinoussi dan Luc Montagnier dari institut pasteur dianugrahi nobel bidang kesehatan untuk kerja mereka pada penemuan retrovirus penyebab HIV/AIDS. Jean-Marie Le Clezio telah menerima nobel penghargaan bidang sastra tahun 2008.

Bidang fisika dan kimia, penghargaan nobel diberikan kepada Georges Charpak, Claude Cohen-Tannoudji, Albert Fert ou Yves Chauvin.

Dari 52 medali yang diberikan untuk berbagai bidang, 11 diantara penerimanya adalah orang Prancis seperti Cédric Villiani et Ngo Bao-Chau menerima penghargaannya pada tahun 2010 setelah Laurent Lafforgue et Wendelin Werner. Penghargaan Abel, bidang matematika, yang diselenggarakan pada tahun 2003, sekitar 3 orang Prancis telah memenangkan penghargaan tersebut seperti Jean-Pierre Serre, Jacques Tits dan Misha Gromov.

Pendidikan S3

Lebih dari 300 sekolah doktorat, yang diajarkan oleh 62 000 pengajar dan peneliti, memberikan pendidikan penelitian, yang bekerja dengan lebih 1200 laboratorium penelitian.

Pendidikan dilakukan dalam satu tim atau satu unit peneliti (UR) pada sekolah doktorat (ED), dibawah kontrol dan tanggung jawab dari seorang direktur disertasi. Terutama di universitas, sekolah doktorat melakukan kerjasama dengan para peneliti yang berkaitan topik ilmiah yang dikajinya. 

Sekitar 10 000 disertasi dikeluarkan setaip tahunnya di Prancis, jumlah siswa asing telah meningkat tajam.

Siswa yang telah lulus tingkat master atau gelar asing yang setara dengan tingkat tersebut dapat menjadi kandidat sekolah doktorat. Pendidikan umumnya 3 tahun dan akan memperoleh gelar doktorat setelah mengikuti ujian disertasi.

Pendanaan disertasi biasanya merupakan salah satu pra-syarat pendaftaran sekolah doktorat.

Sekolah S3

Sekolah doktorat yang berada di bawah tanggung jawab institusi pendidikan tinggi merupakan satu lembaga dengan tim peneliti yang bertugas untuk  mendidik di sekolah tersebut :
    * sekolah menawarkan pendidikan sains tingkat tinggi, sebuah persiapan untuk integrasi profesi dan sebuah pendidikan professional yang membuka keberagaman dari materi penelitian ;
    * sekolah mengorganisir pengawasan dan persiapan sebelum melakukan disertasi.

Siswa doktorat yang mendapatkan gaji atau remunerasi dari sekolah penerima mereka mendapatkan manfaat kebijakan baru yang ditujukan untuk melakukan penelitian bagi para ilmuwan/peneliti asing di Prancis. (Visa yang diberikan adalah Visa dan titre de séjour yang spesifik).